Isnin, 18 Mac 2019

ALLAH mengizinkanmu untuk merenungkan apa yang ada di seluruh alam. Tetapi, Dia tidak mengizinkanmu hanya berhenti pada benda-benda di semesta alam semata.

"Katakanlah: Perhatikanlah apa yang ada di langit," - (QS Yunus 10: 101).

Dia membuka pintu-pintu pemahaman bagimu. Dan, Dia tidak mengatakan: "Perhatikanlah langit itu!" agar tidak hanya menunjukkanmu tentang adanya benda-benda semata.”

--- Syekh Ibn Atha’illah dalam Al-Hikam.


Sahabatku, manusia memang memiliki kecenderungan untuk ingin tahu. Ini merupakan sifat dasar manusia, yang tak dimiliki makhluk lain. Kita sering memikirkan, merenungkan, menghayati, memerhatikan, melihat, dan mencari makna serta tujuan di balik kejadian dan penciptaan makhluk Allah. Dan, semua ciptaan Allah berkaitan dengan sifat-sifat Ilahiah, baik dalam wujud keindahan (al-Jamal) hingga keagungan (al-Jalal), dari yang kecil hingga yang besar, dari yang sempit hingga yang luas, terang-gelap, kering-basah, panas-dingin, dan sebagainya.
Allah memerintahkan kita untuk, “Iqra'! Bacalah! Pelajari! Renungkan! Fikirkan!” Namun, Dia sebenarnya tidak hanya menyuruhmu untuk itu, kita justru dianjurkan untuk berhenti pada tataran ini. Kita harus tahu siapa yang menciptakan? Membentangkan? Mengatur, memelihara mereka, dan meliputi segala ciptaan?
Jangan sampai, pengetahuanmu tentang benda-benda itu melupakan dan mengalihkan pandanganmu tentang Al-Khaliq, Al-Ahad, As-Shamad, Ar-Razaq, Ar-Rahman, Ar-Rahim...

0 zmn org suka mengomen:

TeRhAnGaT

get this widget here

nyinggoh borok ngekek

mai la slalu

Blog Archive

TerHangiTTT

SuaM KukU

tutorial kongsi panduan untuk beginner easy rider

sharing is caring bio sampei garing  utk sapa yg nak join geng kangkang@ketiak nampak